Rekomendasi Aplikasi Traffic Control Untuk Perjalanan Pulang Pergi Lebaran

Arsiptekno.com – Beberapa hari lagi umat Islam di Indonesia merayakan Idul Fitri. Oleh karena itu, konon banyak orang mulai bepergian bolak-balik antara kampung halaman mereka selama ini.

Oleh karena itu, menurut beberapa laporan dan pengamatan terakhir, kemacetan lalu lintas mulai terjadi sebelum Idul Fitri. Salah satu hal yang saya mulai melaporkan kemacetan lalu lintas adalah jalan tol.

Dalam laporan sebelumnya, kebijakan arus balik diperluas di jalan tol pada arus balik Rebaran. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan lalu lintas di rute Jakarta-Sykampic dan Sicambek-Palimanan.

Oleh karena itu, mereka yang ingin datang dan pergi dengan mobil harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain dalam kondisi prima dan memiliki saldo e-cash yang cukup, persiapan lain yang tak kalah penting adalah informasi lalu lintas dalam penerbangan.

Berbekal informasi lalu lintas yang memadai, wisatawan dapat mempersiapkan perjalanan mereka dengan lebih baik, termasuk memilih rute alternatif atau tidak. Di era sekarang ini, informasi lalu lintas dapat dengan mudah didapatkan melalui aplikasi di smartphone.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan Lebaran saat mudik untuk melihat status arus lalu lintas. Apa saja aplikasi ini? Lihat daftar di bawah ini.

Google Maps

Seperti diketahui, Google Maps merupakan aplikasi pemetaan yang populer. Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap seperti petunjuk arah dan navigasi, termasuk kondisi lalu lintas.

Kondisi lalu lintas di jalan biasanya ditandai dengan warna hijau, kuning dan merah. Aplikasi ini juga dapat memberikan rekomendasi rute alternatif saat bepergian.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini tanpa koneksi internet. Ini karena pengguna dapat mengunduh informasi terlebih dahulu di area yang diminta.

Waze

Secara fungsi, Waze memiliki fitur yang mirip dengan Google Maps. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui rute perjalanan mereka, termasuk memantau kondisi lalu lintas.

Satu-satunya perbedaan adalah aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam memberikan informasi tentang perjalanan mereka. Informasi ini memungkinkan pengguna untuk saling membantu agar tetap mengetahui arus lalu lintas.

HERE WeGo

HERE WeGo sebenarnya adalah aplikasi dengan fitur yang mirip dengan Google Maps. Ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi peta dan navigasi alternatif karena informasi yang ditampilkan cukup lengkap.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta dan informasi regional. Sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa koneksi internet.

Travoy

Travoy adalah aplikasi yang berisi informasi tentang rute-rute yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga. Sebelumnya, aplikasi ini juga bernama Jasa Marga Live.

Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi mulai dari CCTV real-time hingga informasi lalu lintas. Karena aplikasi ini diberdayakan oleh Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas tentang berbagai metode pembayaran di Pulau Jawa.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi untuk mengajukan permintaan kendaraan derek di jalan tol jika terjadi keadaan darurat. Aplikasi ini juga menyediakan informasi real-time tentang perhentian terdekat dan tempat parkir yang tersedia.

Media Sosial / TV / Radio / Media Online

Informasi terkini sering diunggah melalui akun media sosial resmi otoritas terkait seperti Jasa Marga, polisi, dan pengemudi lainnya. Jadi media sosial bisa menjadi pilihan untuk up-to-date informasi lalu lintas.

Anda juga dapat memanfaatkan informasi terkini yang dibagikan oleh radio, televisi atau media online mengenai arus lalu lintas selama berada di rumah.

Terakhir, lakukan perjalanan ke rumah bahagia bertema sanak saudara di kampung halaman. Selalu patuhi rambu-rambu dan berhati-hatilah saat berkendara.

Related posts